From Us To Indonesia

November 10, 2015 0 Comments A+ a-

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ada yang inget hari ini hari apa? Hari selasa, iya sih bener. Tapi inget ga sih apa yang special di tanggal 10 November tiap tahunnya? YAK! SELAMAT HARI PAHLAWAN!

Sekedar mengingatkan salah satu materi sejarah pas Achi kelas 2 smp, tepat tanggal 10 November 70 tahun yang lalu,  di Surabaya sana terjadi sebuah peristiwa besar. Di mana sekitar 6000 rakyat Indonesia gugur dalam mempertahankan Indonesia dari serangan tentara Inggris dan aksi Ricklef mereka.

Salah satu hal yang bikin Achi kagum, rakyat Indonesia saat itu hanya menggunakan bambu runcing dan senjata tradisional sebagai tameng pertahanan dan penyerangan. Karena kejadian memilukan itu pula, setelahnya Bapak Sumarsono mengusulkan pada Bapak Presiden Soekarno untuk menobatkan tanggal tersebut sebagai Hari Pahlawan.





Jadi, inget kan gimana spesialnya hari itu? Rasanya jadi sebuah kewajiban juga buat diketahuin sama orang-orang yang ngakunya Warga Negara Indonesia.

Dan di tahun ini, ada suatu hal yang spesial juga di hidup Achi. Kalo tahun-tahun lalu tanggal 10 November berlalu gitu aja, ga jauh dari hari selasa pada umumnya, tapi kali ini bener-bener berbeda. Untuk pertama kalinya Achi sadar kalo tanggal ini spesial. Ya, tepat hari ini, 10 november 2015, sebuah campaign #SaVeID yang didedikasikan untuk para veteran, resmi dipublish!!!!

Campaign #SaVeID di Kita Bisa

#SaVeID ini sendiri adalah sebuah gerakan funding dana untuk pensejahteraan kehidupan para Veteran Pejuang, yang dilakukan oleh Rumah MC dan sebuah lembaga social Sahabat Veteran, yang mewadahi pendistribusiannya. Bekerjasama dengan KitaBisa, campaign ini dimulai.

Campaign #SaVeID ini merupakan salah satu program dari event tahunan Rumah MC, IPS Festival, dengan tema tahun ini “From Us To Indonesia”. Yang berbeda dari event IPS Festival tahun lalu, pada tahun ini rangkaian event dilakuin full selama setahun.


Tema IPS Festival 2015-2016

Tahun ini menjadi spesial karena Achi turut andil bagian di event ini. Selain ngedesain segala keperluan tentang event termasuk keperluan campaign, Achi jadi makin tau tentang kehidupan Para Veteran yang punya arti juga sebagai “Mantan Pejuang”.

Dulu banget pas ospek kampus,  3 tahun yang lalu, Achi pernah disuruh foto bareng veteran sebagai salah satu tugasnya. Dan dulu banget itu asli gatau apa-apa tentang veteran. Taunya, tugas selesai dan besoknya ga kena maki sama senior. Tapi sekarang ini  Achi sadar gimana susahnya mereka, yang jumlahnya ga sedikit, yang hidupnya jauh dari sejahtera, dan yang eksistensinya luput dari pengetahuan publik secara general.

Biasanya, tiap lembaga sosial atau acara funding dana dari kampus atau lingkungan lainnya, target mereka ga jauh dari orang kurang mampu, korban bencana alam, or etc. Tapi pernah ada ga sih yang kepikiran funding dana buat Veteran pejuang? Jawabannya, engga. Achi ga pernah atau mungkin jaraaaaang banget nemu gerakan pengumpulan dana buat Veteran. Karena secara pribadipun, Achi ga pernah kepikiran.

Maka dari itu, karena udah banyaknya masyarakat yang menaruh perhatian mereka buat korban bencana alam dan kurang mampu lainnya, Gerakan ini diciptakan. Karena masih sedikitnya yang sadar keberadaan Veteran, #SaveID ini menyadarkan. Semua ini, yang ada di sekeliling kita, dari sekedar ngerasain upacara wajib tiap 17 agustusan, bahkan sampe ngerasian kecanggihan gadget dan lain sebagianya, awal mulanya adalah karena keberadaan mereka. Para Veteran Pejuang.

Apresiasi Anak Bangsa

Jadi, pas hari ini campaign #SaVeID itu rilis di KitaBisa, Kak Alice (planner of IPS Festival) seneng plus terharu banget. Selain karena rilis tepat di hari pahlawan, juga bisa dibilang, akhirnya....garis Start kita buat campaign ini udah terlihat. Dan itu juga yang bikin Achi seneng. Semoga Kehidupan Veteran selanjutnya, bisa lebih diketahui orang banyak dan menjadi lebih layak.

Supaya mereka bisa tersenyum seperti ini lebih sering


Let's make a choice :)

How to take a part? Visit it  www.kitabisa.com/partners/saveid

Wassalammu’alaikum Wr. Wb.